Live Seafood Supplier

Cara Membedakan Ikan Kerapu Segar Dan Tidak

Cara Membedakan Ikan Kerapu Segar Dan Tidak

Cara membedakan ikan kerapu yang segar dengan yang tidak pada dasarnya sangat mudah. Tapi untuk Anda pembeli baru yang belum pernah membeli ikan kerapu mungkin akan kesulitan membedakan ikan kerapu yang segar dengan yang tidak. Jika Anda mencari informasi bagaimana membedakan ikan kerapu yang segar, maka Anda berkunjung di website yang tepat. Karena Kami akan memberikan informasi kepada Anda cara membedakan ikan kerapu secara detail.

Untuk dapat mengetahui tanda-tanda ikan kerapu yang segar dan yang tidak, diharuskan untuk memperhatikan secara teliti dari segala sisi. Baik dari kulit, warna, bentuk dan tekstur. Nah langsung saja untuk menambah wawasan Anda berikut adalah ciri-ciri ikan kerapu yang segar dan tidak :

  • Mata Ikan

Dilihat dari mata ikan, sangat terlihat jelas perbedaannya. Pada mata ikan kerapu yang segar memiliki ciri-ciri yang terang, bening dan cembung. Hal ini bisa dilihat secara kasat mata. Biasanya untuk ikan kerapu yang tidak segar cenderung memiliki warna yan buram dan terlihat lebih pucat.

  • Insang Ikan

Untuk melakukan pengecekan pada insang ikan mungkin Anda harus melakukan pengecekan dari dalam. Pada ikan kerapu yang segar memiliki insag berwarna merah dan terasa kenyal jika disentuh. Karena insang yang segar memiliki warna merah tua, cerah atau terang, serta tidak berbau asing. Sedangkan untuk ikan yang tidak segar biasanya berwarna pucat atau gelap dan kotor, keabu-abuan, berlendir dan berbau amis bahkan busuk.

  • Kulit & Lendir Ikan

Cara untuk melihat ikan kerapu segar atau tidaknya juga bisa dilihat dari kulit ikan. Kulit ikan yang segar tentu saja akan berwarna segar cemerlang dan tidak pudar. Dari tekstur ikan yang segar juga memiliki daging yang elastis dan tidak mengalami perubahan ketika disentuh. Karena pada dasarnya ikan kerapu memiliki sisik yang kasar dan bercorak sesuai jenisnya.

Sisik ikan akan melekat kuat dan sisik utuh tertutup lendir atau belum banyak yang hilang. Dilihat dari lendir ikan juga berpengaruh karena ikan yang segar memiliki lendir yang cemerlang, transparan dan homogen. Jika lendir berwarna kekuningan atau berwarna putih susu maka tergolong tidak segar.

  • Aroma & Sirip Ikan

Saat dihirup, aroma dari ikan kerapu juga menunjukan segar atau tidaknya. Ikan yang segar memiliki aroma yang cenderung lebih amis. Sedangkan ikan yang tidak segar, memiliki aroma amis yang sedikit dan juga terasa asam.

  • Fisik Ikan

Apabila dilihat secara keseluruhan tanpa melihat detail dari kondisi ikan, dapat di ketahui ikan tersebut fresh atau tidak dengan melihat keadaan ikan. Sirip yang kuat menandakan ikan tersebut masih dalam keadaan fresh (segar). Badan ikan yang terasa keras dan tidak terdapat luka-luka pada tubuhnya menjadi salah satu tanda ikan tersebut fresh.

Itulah cara membedakan ikan kerapu segar dan tidak. Sangat mudah tanpa harus meminta bantuan orang lain kan? Sekarang Anda bisa mengeceknya sendiri saat akan melakukan pembelian ikan kerapu.

Untuk Anda yang memerlukan ikan kerapu tapi takut ikan kerapu tidak segar, kini tidak perlu khawatir lagi karena ada Kami. Di tempat Kami seafood market Indonesia Anda bisa dapatkan ikan kerapu yang dijamin segar yang siap dikirim ke seluruh wilayah Indonesia. Kami melayani penjualan via online dan offline. Hubungi Kami untuk pemesanannya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *