Live Seafood Supplier

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu

Mengenal jenis-jenis ikan kerapu untuk memudahkan Anda yang akan membeli ikan kerapu. Anda yang bingung memilih jenis yang tepat untuk Anda beli sesuai usaha Anda. Bacalah informasi dari Kami ini, karena Kami akan memberikan informasi terlengkap apa saja jenis ikan kerapu. Informasi yang akan Kami bagikan ini tentunya diberikan secara detail kepada Anda yang membutuhkannya.

Namun sebelum mengetahui apa saja jenis ikan kerapu, perlu Anda ketahui dahulu bahwa ikan kerapu di Indonesia jenisnya sangat banyak. Namun hanya beberapa jenis ikan yang bisa di budidayakan dan memiliki nilai jual tinggi. Hingga saat ini ikan kerapu diperkirakan mencapai 46 spesies. Spesies tersebut berasal dari 7 genus yaitu Cephalopholis, Aethaloperca, Cromileptes, Anyperodon, Plectropama, Epinephelus, dan Varicla.

Dari 7 genus tersebut yang memiliki nilai ekonomis penting adalah genus Plectropama, Cromileptes, dan Epinephelus.

Jenis Ikan Kerapu

Nah untuk jenis ikan  kerapu yang mempunya morfologi berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sunu

Ikan kerapu jenis ini disebut juga dengan kasa yang berasal dari Famili Serranidae dengan varian spesies. Ciri-ciri dari famili ini adalah mulut besar bisa disembulkan, rahang bergigi kecil, dan ramping. Tubuhnya memanjang agak gilik dan sering berwarna merah atau kecokelatan. Bintik tubuh berwarna biru dengan tepi gelap. Ukuran bintik tersebut ada yang seragam dan beragam, tergantung spesiesnya.

Tulang penutup insang pada ikan kerapu sunu terdapat 3 buah duri pipih. Bagian tepi keping tulang insang, bagian depan umumnya licin atau kurang bergerigi. Mempunyai satu sirip punggung dengan 7-12 jari-jari keras dan 7-10 jari-jari lemah. Sirip dubur dengan 3 jari-jari keras dan 7-12 jari-jari keras dan 7-10 jari-jari lemah. Sirip dubur dengan 3 jari-jari keras dan 7-10 jari-jari lemah.

Untuk jenis ikan kerapu sunu yang sudah dikomersialkan berasal dari jenis Pleptropama leopardus. Popular dengan sebutan leopard coral trout serta jenis Pleptropama maculatus atau spotted coral trout. Pada jenis P.leopardus memiliki bintik yang seragam, sedangkan pada P.maculatus bintiknya beragam.

  • Macan

Kerapu macan ini memiliki badan yang tertutup oleh sisik kecil mengilap dan bercak loreng mirip macan. Cirinya memiliki badan berbentuk gepeng (compressed), tetapi kadang juga agak bulat dan memanjang. Tubuh berbintik rapat berwarna gelap. Sirip dada kemerahan dan sirip lainnya bertepi cokelat kemerahan. Rahang pada ikan kerapu jenis ini atas dan bawah dilengkapi dengan gigi-gigi geratan berderet dua baris, ujung lancip, dan kuat. Ujung luar bagian dari gigi baris luar adalah gigi-gigi yang besar. Mulutnya lebar serong ke atas dan bibir bawahnya menonjol ke atas.

Dalam dunia internasional, kerapu macan lebih dikenal dengan nama flower carpet cod. Ukuran konsumsi kerapu macan adalah kisaran 0,4-1,2 kg/ekor.

  • Bebek

Ikan kerapu jenis ini disebut dengan bebek karenabentuk moncongnya mirip seperti  bebek. Sebagian juga menyebutnya dengan nama kerapu tikus karena kepalanya meruncing mirip tikus. Dilihat secara morfologi punggungnya meninggi dan cembung. Tubuhnya memiliki ketebalan 2,6-3,0 inci. Sirip dan sisik kerapu bebek berbentuk bulat (sikloid).

Bagian mulut tidak terdapat gigi taring, memiliki lubang hidung besar berbentuk bulan sabit vertikal, warna kulit abu-abu terang kehijauan dengan bintik-bintik hitam. Bintik tersebut terdapat di seluruh kepala, badan, dan sirip. Kerapu bebek yang masih muda memiliki bintik hitam lebih pekat, tetapi sedikit. Di pasaran internasional, ikan ini dikenal dengan nama polka-dot grouper, humback sea bass, atau hump-backed rocked. Ukuran konsumsi kerapu bebek sekitar 0,5-2 kg/ekor.

  • Lumpur

Tubuh kerapu lumpur memiliki warna dasar abu-abu dan berbintik hitam atau cokelat, tergantung spesiesnya. Terdapat 4-6 pita vertikal berwarna gelap dan tubuhnya gepeng memanjang serta gilig. Kerapu ini memiliki badan bagian bawah agak keputihan dan warna dasar sawo matang.

Jenis kerapu ini sering disebut juga dengan kerapu balong. Dalam dunia perdagangan, kerapu lumpur terkenal dengan sebutan greasy grouper. Terdapat beberapa jenis ikan kerapu lumpur mulai dari Epinephelus tauvina, Epinephelus malabaricus, dan Epinephelus suillus. Saat muda, terdapat noda berwarna merah sawo pada seluruh tubuhnya. Ukuran konsumsi kerapu lumpur sekitar 0,4-1,2 kg/ekor.

Itulah beberapa jenis ikan kerapu yang ada di Indonesia. Jika Anda butuh ikan kerapu salah satu dari jenis ikan kerapu tersebut dapatkan di tempat Kami. Kami seafood market Indonesia supplier ikan kerapu jual ikan kerapu ke seluruh wilayah Indonesia. Hubungi Kami sekarang juga !



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× How can I help you?